Search This Blog

Friday, May 01, 2020

Pertanyaan Karyawan saya ditengah Pandemic Covid-19

Seluruh dunia saat ini merasakan pandemic Covid-19. Saya tidak mau membahas apa itu Covid-19 atau usaha pencegahannya. Dengan mudah orang bisa cari di google.

Saya hanya mau share sedikit tentang karyawan perusahaan tempat saya bekerja. Sebelum kami putuskan untuk istirahat dirumah beberapa bulan lalu, saya adakan pertemuan dengan para staff. Dari pertemuan itu, saya terima banyak sekali pertanyaan. Saya tampilkan sebagian ya.
Salah seorang staf bertanya kepada saya, “Bu, apakah kita akan tetap digaji?”
Ada juga yang tanya, “Bagaimana kalau wabah ini terus berlanjut?”
Bahkan ada yang tanya, “Kalau misalnya kita selama tinggal dirumah mau cari tambahan dari gojek, bagaimana Bu?”

Prinsip hidup saya dalam bersosialisasi salah satunya adalah perlakukan orang lain seperti kamu mau memperlakukan diri kamu sendiri. Kalau mau buat kebijakan A, ngaca dulu kalau kebijakan itu untuk saya apakah saya mau lakukan atau tidak? Kalau mau, berlakukanlah kebijakan A. Kalau tidak mau, jangan berlakukan kebijakan A.

Prinsip ini juga saya terapkan waktu saya menjawab pertanyaan para staff. Panjang lebar saya jawab, “Perusahaan itu bukan Yayasan, perusahaan itu tujuannya cari profit. Cari untung. Cari cuan. Perusahaan ini ada karena shareholder. Karna investor yang sebelum saya dan kalian lahir, mereka sudah tanam uang mereka disini. Shareholdermu dan saya bukan Tuhan, bukan Dewa, bukan paranormal, bukan santo/santa, bukan nabi, dan bukan martir. Jadi, perusahaan tidak bisa meramalkan wabah ini sampai kapan dan sampai kapan kalian akan digaji. Tentu akan ada pemberitahuan lebih lanjut dan sifatnya tidak mendadak. Tapi kita semua harus bersiap untuk kemungkinan terburuk. Kalau kalian mau cari tambahan, silahkan. Saya tidak bisa larang kan? Toh kalau sudah dirumah, kalian mau makan, tidur, atau nungging, saya juga ga tau kan? Tapi kalian harus ingat, ada keluarga dirumah yang harus kalian jaga. Mungkin kalian kuat, tapi mungkin ada keluarga kalian yang tidak. Mereka yang lebih berisiko, terutama yang lebih tua yang harus kalian jaga.”

Semoga kita semua selalu sehat dan bahagia. Wassalam.

No comments: