Search This Blog

Friday, May 15, 2020

3 Prinsip Saya Sebelum dan Setelah Pengambilan Keputusan

Tanpa perlu basa-basi, mari kita mulai dengan poin-poin :

1.       Sebelum Pengambilan Keputusan

·         Yakinlah bahwa keputusan ini punya niat baik
Berkacalah. Tanyakan pada diri sendiri : Apakah keputusan ini yang benar-benar saya mau? Apakah ini baik untuk saya? Apakah saya mau lakukan ini?

·         Support dari pihak lain
Bertanyalah. Pada orang lain, pada google, pada Tuhan. Tuangkan apa rencanamu. Manusia tidak hidup sendiri.

·         Find a way to make it
Berencanalah. Kalau keputusan itu baik untuk diri kita sendiri dan baik bagi orang lain, maka lakukanlah. Keputusan terburuk sekalipun, lakukanlah. Karna keyakinan setelah berkaca dan bertanya pastinya akan kuat. Dengan keyakinan ini seharusnya kita mampu bertanggung jawab untuk keputusan itu. Lakukan perencanaan terbaik, tidak perlu sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Yang Diatas. Cie.

2.       Setelah Pengambilan Keputusan

·         Bertanggung jawab atas keputusan itu
Menerima. Mengakui bahwa keputusan itu adalah keputusan yang kita ambil dan bertanggung jawab atas seluruh konsekuensinya. Kalau jadi baik, bersyukurlah. Kalau belum jadi baik, jadikanlah baik.

·         Mengembangkan keputusan itu
Berusaha. Keputusan baik, jika dikembangkan akan jadi lebih baik. Keputusan yang belum baik, kalau dikembangkan ada potensi untuk jadi baik.

·         Jika ada kesalahan, jangan pernah buat kesalahan yang sama
Belajar. Manusia diciptakan menurut rupa Allah. Karena itu, pastilah manusia lebih baik dari makhluk lainnya. Ada kata-kata “Not even a donkey falls in the same hole twice!” Maka belajarlah. People make mistakes. Sudah kodratnya. Tapi kalau mengulangi kesalahan yang sama? Itu bukan kodrat, itu namanya tidak belajar.

Wassalam. 

No comments: